Manfaat buah sirsak dan daunnya


Buah sirsak (Annona muricata L.) adalah buah yang berasal dari Karibia dan  Amerika. Di Indonesia buah sirsak memiliki banyak farian nama, ada yang menyebutnya nangka sebrang, nangka landa , nangka walanda, sirsak dan banyak yang lainnya tergantung dari daerah masing masing. Penyebutan "belanda" membuktikan bahwa kata sirsak dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam". Didatangkan oleh pemerintaan kolenial belanda,pada abad ke-19.

Buah sirsak ditanam secara komersial yang dapat diambil daging buahnya. Tumbuhan ini bisa tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair.
 Pohon sirsak bisa tumbuh tinggi sampai 9 meter. Ukuran buah sirsak cukup besar hingga 20–30 cm dengan berat mencapai 2,5kg. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah sirsak banyak mengandung karbohidrat, terutama fruktosa. Juga mengndung gizi lainnya seperti : vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 .Biji buah sirsak mengandung racun, dan dapat dimanfaatkan sebagai insektisida alami, seperti biji srikaya. Banyak sekali manfaat daun sirsak untuk kesehatan kita. Buahnya juga mempunyai rasa yang enak dan mempunyai berbagai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Dari hasil penelitian manfaat daun sirsak ternyata 10.000 kali lebih kuat serta kemampuannya dari kemoterapi dalam mengobati kanker. Bahkan telah dilakukan sebuah riset untuk mengungkap kandungan serta khasiat daun sirsak. Dari hasil riset tersebut didapatkan simpulkan bahwa ekstrak daun sirsak dapat menghambat pertumbuhan kanker. Saat ini juga sudah banyak dokter yang memberikan resep obat alami dengan menggunakan daun sirsak.

Manfaat Daun Sirsak

Dibalik manfaat daun sirsak untuk kesehatan tidak lepas dari berbagai kandungan yang terdapat didalamnya. Daun sirsak mengandung senyawa linoleic acid, annocatalin, annomuricin, anonol, muricapentocin, acetogenins, annohexocin, dan senyawa lainnya. Kandungan senyawa tersebut dapat mengobati berbagai penyakit serta meningkatkan kekebalan tubuh kita.
Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat daun sirsak dan cara mengolahnya menjadi obat tradisional.

1. Mengobati diabetes
rebus daun sirsak sebanyak 3 sampai 5 helai dengan air sebanyak 3 gelas. Kalau sudah mendidih biarkan sampai air tinggal 1 gelas saja. Setelah itu air rebusan tersebut bisa langsung diminum. Dapat diminum secara rutin 3 kali 1 hari.


2. Mengobati asam urat
siapkan  6-10 helai daun sirsak yang telah dicuci, kemudian rebus dengan 2 gelas air biarkan mendidih sampai air berkurang 50%.  Air rebusan tersebut dapat diminum 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari.

3. Mengobati sakit punggung
Siapkan 20 lembar daun sirsak yang telah dicuci, lalu rebuslah dengan 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas saja. Dapat diminum 3/4 cangkir air rebusan tersebut sekali dalam sehari.

4. Mengobati bisul
Caranya adalah menghaluskan daun sirsak yang masih muda sebanyak 5-10 helai, lalu tempelkan pada bisul hingga bisul mengering.

5. Mengobati kanker
Rebuslah daun sirsak sebanyak 10 lembar kedalam 3 gelas air sampai mendidih. Setelah mendidih jangan langsung diangkat, tetapi biarkan sampai air tersisa hanya 1 gelas saja. Setelah itu konsumsi air rebusan tersebut 2 kali sehari. Cobalah menerapkannya selama 2 minggu.

Khasiat dan manfaat daun sirsak lainnya:

    Membunuh cacing yang erugikan
    Mencegah dan menyembuhkan paru-paru, pankreas
    Membantu menurunkan kadar gula darah
    Membantu menurunkan tekanan darah tinggi
    Merileksasi otot
    Membantu mengurangi stres
    Menghambat pengkriputan kulit
    Menghambat mutasi gen
    Meredakan nyeri
    Menghambat perkembangan parasit
    Menghambat pertumbuhan bakteri jahat
    Menyehatkan jantung
    Membantu melebarkan pembuluh darah
    Mampu menghambat pertumbuhan tumor
    Mencegah dan menyembuhkan kanker
    Mampu menekan peradangan
    Menguatkan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan
    Membantu menurunkan demam
    Meningkatkan produksi asi pada itu hamil
    Menguatkan saraf
    Menghambat perkembangan virus
    Obat anti kejang

Terimakasih telah membaca artikel ini. Demikian adalah beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan kita yang kemungkinan belum anda ketahui sebelumnya. Sebelum mengobati penyakit dengan ramuan tradisional tersebut ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada ahlinya.   
Tag : kesehatan
Back To Top