8 manfaat buah jambu biji untuk kesehatan.

Siapa si yang tidak mengenal dengan jambu biji / jambu klutuk? buah yang sering kita jumpai dilingkungan kita dengan warna buah yang hijau kekuningan kalo sudah masak, serta rasa buah yang nikmat. Ternyata dibalik itu semua buah jambu juga mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Tapi sebelum kita mengetahui manfaat buah jambu tersebut. Terlebih dahulu akan saya jelaskan tentang kandungan buah jambu biji.
Jambu biji (psydium guajava) yang sering disebut dengan jambu klutuk adalah tanaman yang hidup ditempat tropis yang berasal dari Brazil. disebarkan keindonesia melalui negara thailand. Jambu biji berwarna hijau, daging buahnya berwarna putih dan merah serta mempunyai rasa yang asam-manis.
Jambu biji memiliki 30 kalori lebih banyak dari kandungan buah yang lain serta memiliki serat 4 kali lebih besar dari buah yang lain.
berikut adalah kandungan buah jambu biji.
  • Vitamin A 
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Kalium
  • Kalsium
  • Karbohidrat
  • Lycopene
  • Magnesium

    Bukan hanya buahnya yang mempunyai kandungan yang baik bagi kesehatan ternyata daunnya juga mempunyai kandungan yang baik juga. Kandungan daun buah jambu biji yaitu : Asam ursolat, asam guajaverin, asam oleanolat, asam psidiolat lalu asam kratogolat dan masih banyak lagi vitamin lainnya.

    Sekarang waktunya kita membahas manfaat buah jambu untuk kesehan tubuh kita. Manfaat buah jambu untuk kesehatan yaitu :
    1. Mengobati diabetes.
      Kandungan serat yang tinggi dalam buah jambu biji membantu mengatur penyarapan gula dalam tubuh, juga dapat menurunkan insulin dan glukosa dalam tubuh. Suatu peniulitian telah membuktikan bahwa jambu biji dapat membantu mencegah penyakit diabetes.
    2. Mencegah hipertensi
      buah jambu dapat mempertahankan fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah sehingga dapat mencegah penebalan darah manusia. Jambu juga bisa untuk mengurangi kolesterol dalam darah, penelitian telah membuktikan bahwa bahan makanan yang kurang serat dapat menambah tekanan darah manusia. jambu biji merupakan buah yang kaya serat jadi sangat efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah dan memicu kerja jantung yang lebih baik untuk mencegah timbulnya penyakit jantung.
    3. Menyehatkan mata.
      jambu mengandung vitamin A yang sangat baik, karna setara dengan wortel. yang bermanfaat untuk membantu memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula, serta kesehatan pada umumnya. Serta menjaga masa masa penurunan kekuatan mata.
    4. Mengobati diare
      Jambu biji juga mengandung senyawa astringents yang berfungsi untuk perlindungan diare. untuk menghambat pertumbuhan mikroba serta menghilangkan ekstra lendir di usus. Vitamin C, karotenoid dan kalium yang terkandung dalam buah jambu biji berfungsi untuk memperkuat sistem pencernaan manusia.
    5. Mengobati sembelit.
      Kandungan buah jambu biji yang begitu banyak mengandung serat yang dibutuhkan oleh manusia sehingga bermanfaat untuk membantu pergerakan usus yang sehat serta dapat membantu tubuh untuk mempertahankan air dan membersihkan usus manusia.
    6. Menyehatkan tiroid.
      Jambu biji adalah sumber zat tembaga. Zat tembaga tersebut berfungsi untuk mengatur metabolisme tiroid, untuk mengontrol produksi hormon dan penyerapan pada tunuh manusia.
      Srdangkan kelenjarvtiroid sendiri adalah salah satu kelenjar penting dalam tubuh yang berfungsi untuk mengatur hormon dan fungsi sistem kerja tubuh. Jadi jambu biji berfungsi untuk membantu menyeimbangkan kesehatan fungsi tubuh manusia.
    7. Mengobati demam dan batuk
      Vitamin C yang terkandung dalam buah jambu biji dapat berfungsi untuk mencegah infeksi dingin dan virus, serta mengurangi lendir saat batuk dan sebagai disinfektan pada tenggorakan untuk menghambat mikroba pada saluran pernapasan dan paru paru.
    8. Berfungsi untuk perawatan kulit.
      Jambu biji kaya akan zat astringents yang berfungsi untuk menghidari masalah kulit. Buah jambu biji yang mengandung banyak zat astringents adalah buah jambu yang sudah masak.

      Itu semua adalah tentang penjelasan manfaat buah jambu biji untuk kesehatan tubuh manusia. Terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk anda.
    Tag : kesehatan
    Back To Top