Manfaaat buah manggis dan kulitnya

Manggis (garcinia mangostana) adalah sejenis pohon yang hidup di daerah tropis dalam suhu hangat dan setabil dalam kurun waktu yang lama, yang diyakini berasal dari negeri kitasendiri (indonesia). Buah manggis bisa tumbuh tinggi minimal 7 M. Warna buah manggis yang sering kita temukan disaat sudah matang adalah berwarna merah keunguan,walaupun ada juga yang berwarna merah.

Buah manggis mempunyai sifat apomiskis obligat. Bijinya bukan bersal dari fertilitasi dan diduga memiliki keaneka ragaman genetik yang sempit, sehingga diperkirakan tanaman manggis mempunyai sifat yang mirip dengan induknya. Keaneka ragaman buah manggis yang ada dilapangan disebabkan oleh faktor genetik maupun faktor lingkungan. Sifat kimia yang terdapat dibagian bawah permukaan kulit menggis dapat menghambat perhatian serangga, jamur, bakteri, virus tanaman dll. Sifat kimia tersebut yaitu polifenol, xanthones dan juga tanin.

Sekarang sedang diramaikan dengan adanya pembuktian penilitian yang dinyatakan bahwa kulit manggis mempunyai manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan.
Berikut adalah penjelasan tentang kandungan kulit buah manggis :
  1. Kaya vitamin C.
    karna kulit manggis mengandung vitamin C yang lumaayan bagus, maka dapat membantu sistem kekebalan tubuh seseorang terhadap beberapa penyakit seperti, infeksi, flu, hingga kangker sekalipun.
  2. Rendah Kalori.
    Selain memeliki rasa enak dan nikmat, ternyata buah manggis juga rendah kalori. Sangat cocok buat anda yang sedang berdiet. Buah manggis juga mengandung 63 kalori per 100 gr, tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Bukan hanya itu buah manggis juga mampu mencukupi kebutuhan serat tubuh anda.
  3. Xamthone.
    Xamthone merupakan senyawa polifenol yang akhir akhir ini ditemukan secara biologis  dan strukturalnya menyerupai bioflavanoids. Senyawa semacam ini sangat langka di alam, hanya ditemukan dalam dua keluarga tanaman. sejauh ini telah diidentifikasi 200 jenis xamthone. 40 jenis diantaranya terdapat dalam buah manggis. Xamthone dan turunannya terbukti mempunyai beberapa manfaat, diantaranya anti-inflamasi dan anti-alergi. Komponen lain yang terdapat dalam buah manggis yakni memiliki kualitas obat. Diantaranya sterol, polisakarida, chetinin dan proanthocyanidins . Jadi baik untuk menjaga kesehatan tubuh.
  4. Vitamin B kompleks
    Selain kaya vitamin C kulit buah manggisjuga mengandung vitamin B kompleks seperti thiamin, niacin dan folat. Vitamin B kompleks ini berperan sebagai kofaktor dalam memetabolosme karbohidrat, protein, dan lemak.

    Itulah penjelasan tentang betapa bagusnya kandungan kulit buah manggis untuk kesehan kita. Sekarang kita akan membahas tentang manfaat kulit buah manggis untuk kesehatan.
    • Mengobati Sariawan
       kandungan kulit buah manggis yang kaya akan vitamin C  berfungsi untuk menyembuhkan sariawan.
      Cara mengobati sariawan dengan kulit buah manggis yaitu  :siapkan kulit dari 2 buah manggis yang telah dicuci, Potonglah kulit buah manggis tersebut terlebih dahulu, kemudian Rebus kulit manggis dengan air sebanyak 3 gelas, tunggulah sampai airnya berkurang 50 persen. Kemudian Setelah dingin, saring rebusan tersebut dan buat untuk berkumur.
    • Mengatasi Diare
      Bukan hanya di indonesia saja, bahkan diluar negeri pun manfaat buah manggis sangat populer.
      Karna  hasil rebusan daun manggis dan kulitnya mampu mengatasi berbagai gejala penyakit seperti, mengobati demam, mengobati diare hingga mampu mengobati gangguan saluran kencing.
       
    • Anti kanker
      efektif untuk mengobati kanker karna Kandungan xanthone dalam kulit dan buah manggis yang bersifat anti proliferasi dan apoptosis, yang berguna untuk menghambat pertumbuhan sekaligus menghancurkan sel-sel kanker.
    • Mencegah Penyakit Jantung
      Buah manggis ternyata juga mengandung beberapa mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium. Kalium adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh berfungsi untuk membantu mengontrol detak jantung, dan tekanan darah. Dengan demikian, buah manggis dapat menawarkan perlindungan terhadap penyakit stroke dan jantung koroner.
       
    • Meremajakan Kulit
       Anda pasti menyukai khasiat dari kulit buah manggis yang satu ini, yaitu bisa bikin Anda lebih awet muda. Karna kandungan anti oksidan di dalamkulit buah manggis mampu mencegah penuaan dini dan meregenerasi sel kulit. Bahkan dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.


      Terimakasih telah membaca dan menyimak artikel ini. Itulah sedikit penjelasan tentang manfaat dan kandungan kulit dan buah manggis, semoga bermanfaat bagi anda.
Tag : kesehatan
Back To Top