Cara Mudah Memasang Widget Di Blog

Cara Memasang Widget di Blog ~
Bagi sebagian besar pemula masih bingung tentang apa itu Widget ?

Fungsinya widget di gunakan untuk apa?

baiklah kali ini akan saya jelaskan mengenai widget akan tetapi yang admin jelaskan lebih pada Widget untuk Blogspot, karena pada halaman Blogspot lebih banyak tutorial yang di berikan oleh para ahli blog

Apa yang di maksud dengan widget?

Widget adalah aplikasi kecil yang dapat diinstal dan dijalankan dalam halaman web oleh pengguna akhir. Mereka berasal dari ide penggunaan berupa kode untuk perangkat lunak untuk web

Istilah yang sering di gunakan untuk menggambarkan widget web misalnya

seperti: Portlet, gadget,lencana, modul, webjit, kapsul, snippet, mini dan serpihan. Widgets biasanya dibuat dalamDHTML, JavaScript,CSS atau Adobe Flash.

Pada web Blogspot sendiri widget memiliki Istilah yang bermacam-macam untuk widget seperti: portlet, gadget, badge, webjit, capsule, snippet

Fungsi Widget 

Pada dasarnya setiap blog baik wordpress, blogspot  maupun halaman web lainnya sudah memiliki Widget bawaaan tapi untuk menampilkan atau mendesain halaman web para Admin atau pemilik halaman web biasanya akan menambah widget selain bawaan yang maksudnya untuk lebih memberikan kenyamanan maupun kemudahan para pembaca mendapatkan informasi dari halaman yang dikelola para Admin.

 Ketika anda baru memulai membuat blog akan sulit jika belum tahu caranya memasang widget padahal tidak begitu rumit dan  mudah dilakukan

Widget / gadget merupakan suatu fitur tambahan yang disediakan oleh blogger yang  bersifat dinamis untuk menampung berbagai macam informasi yang akan disajikan.

Banyak fitur yang telah disediakan oleh blog supaya anda bisa menambahkan  kedalam suatu widget tentunya sesuai dengan keinginan dari si pembuat blog.

baik langsung saja anda ikuti langkah atau cara di bawah ini dengan seksama, yaitu tentang cara memasang widget di blog.
1. Pertama kali yang harus anda lakukan tentunya Login ke Blogger terlebih dahulu
2. Kemudian Pilih Tata Letak atau Layout yang tertera pada blog
3. Selanjutnya Pilihlah posisi yang akan ditempatkan oleh widget, misalnya anda ingin menampilkannya di sidebar maka pilih gadget yang berada di samping layar. Jika anda akan memasang di tengah pilih gadget yang berada di tengah.






4. Selanjutnya  klik "Tambahkan Gadget", maka secara otomatis akan terbuka, silahkan pilih widget yang ingin dipasangkan di blog Anda.

Begini Saya ambil contoh gadget pengikut google+ baru yang akan saya pasangkan ke blog.





5. Langkah yang terakhir yaitu Klik tanda ' + '  , anda akan di bawa masuk ke menu tampilan sementara yang dapat disetting sesuai dengan warna blog.



Setelah selesai , klik  " Simpan "

selamat mencoba cara memasang widget di blog, karena dengan widget blog anda akan semakin cantik.
Semoga bermanfaat


Tag : blogger, design
Back To Top