5 Langkah Mudah Membuat Tulisan Berjalan


Langkah Membuat Tulisan Berjalan, bahasa kerenya Marquee ~


 terkadang saat kita melihat televisi anda akan di sajikan tulisan yang berjalan biasanya terletak di bawah, jika anda melihat tulisan berjalan maka tanpa terasa mata kita akan mengikuti tulisan tersebut dan mau tidak mau anda harus membaca tulisan tersebut, baik itu di layar bawah sebuah tayangan Televisi atau media media lainnya yang tujuanya  mempunyai maksud mengarahkan pusat perhatian ke tulisan yang berjalan. Kalo dalam dunia bloging terkenal dengan istilah nama marquee, Karena menggunakan HTML marquee.terdapat berbagai macam jennis model tulisan berjalan dari "tulisan html" marquee yang dapat kita buat dengan cukup mudah, Karena memang sudah ada rumus yang disediakan oleh kode/ bahasa HTML itu sendiri.
apabila Anda belum bisa membuat tulisan berjalan, alangkah baiknya ikuti 5 langkah cara membuat tulisan berjalan yang akan anda baca di bawah ini dan simaklah dengan seksama, jika anda ingin mencoba maka silahkan caranya tertulis sebagai berikut :

1.  
Kode yang di gunakan  untuk membuat tulisan berjalan adalah (marquee) silahkan perhatikan contoh di bawah ini:
<marquee>5 Langkah Membuat Tulisan Berjalan</marquee>
Hasilnya jeeng jeengggg  :



Tulisan di atas merupakan bentuk kode dasar dari HTML yang berfungsi untuk menjalankan tulisan, akan tetapi jika anda ingin tampilan yang lebih bagus dan lebih elegan, tentu saja bisa anda rubah dengan cara menambahkan kode HTML yang lainya.


2.  Langkah yang kedua yaitu menambahkan
kode loop="angka|-1|infinite" , biasanya kode ini digunakan untuk melakukan pengaturan proses pengulangan sebuah marquee artinya ketika kita menambahkan kode tersebut, tulisanya terlihat seperti jalan terus menerus tanpa henti.

misalnya seperti perintah kode marquee  ini :
<marquee loop="7">MARQUEE AKAN BERPUTAR SESUAI DAENGAN BERAPA BANYAK KITA MENARUH KODE PENGULANGAN</marquee>

3.  Langkah yang ketiga adalah
kode scrolldelay="angka" , kode HTML seperti ini digunakan untuk mengatur waktu tayang ulang selama "angka", Jadi apabila anda ingin menunda waktu tayang selama 1 detik maka ganti "angka" menjadi 1000, atau bila ingin 0.5 detik maka diganti dengan 500 dan angka seterusnya

Contoh perintah marquee :
<marquee scrolldelay="1000">TEKS BERJALAN BERHENTI SELAMA 1 DETIK</marquee>


4.  langkah yang ke empat adalah kode bgcolor="warna" , kode HTML ini biasa digunakan untuk mengatur warna background tulisan yan sedang berjalan. "warna" dapat diganti menggunakan bahasa Inggris yang menyatakan jenis warna

Contoh perintahnya :
<marquee bgcolor="red">TEXT DENGAN BACKGROUND HIJAU</marquee> 


5.   langkah yang kelima atau yang terakhir adalah kode scrollamount="angka" , kode ini sering digunakan untuk mengatur cepat lambatnya suatu  gerakan yang tertera pada tulisan berjalan. Semakin besar "angka" yang kita tulis maka akan semakin cepat juga gerakannya.

contoh perintahnya seperti berikut :
<marquee scrollamount="10">mengatur cepat lambatnya Tulisan berjalan 10</marquee>



trimaksih semoga bermanfaat
Tag : design, Tips
Back To Top