tips agar laptop awet dan tahan lama


dari pengalaman ane yang udah lumayan lama pegang laptop, terkadang hal sepele disekliling kita dapat menyebabkan dampak buruk yang besar bagi laptop kita.
Berikut ini ada beberapa tips yang bisa digunakan agar laptop/notebook anda berumur panjang dan tetap awet.

 1. Gunakan stabilizer listrik 

Bagi anda yang gemar bekerja dengan laptop/notebook tapi dengan melepas baterai ada baiknya tambahkan stabilizer. Stabilizer berfungsi untuk menjaga arus yang tidak stabil masuk ke laptop/notebook anda. Sehingga kenyamana anda bekerja dengan laptop terus terjaga.
2.  Hati-hatilah Membawa Laptop/Notebook dalam tas

 Sebaiknya gunakan tas khusus yang didesaign untuk laptop/notebook. Jangan gunakan sembarang tas yang tidak mempunyai bantalan khusus buat laptop/notebook. Mungkin tas untuk ini harganya agak mahal. Tapi sepadan dengan fungsinya untuk melindungi.
 3. Jangan Makan dan Minum dekat Laptop/Notebook 


Hindarilah makan atau minum di dekat laptop/notebook (Ini adalah pengalaman pribadi ane,, untung aja gak sampe rusak) .Cairan atau makanan bisa saja tanpa sengaja tumpah dan bisa mengenai keyboard dan masuk ke komponen. Kalau sampai komponen di dalam rusak, maka biaya untuk menggantinya sangat mahal.
4. Hati-hatilah Download/browsing diinternet

Bagi anda yag sering berselancar didunia maya atau hobi ngabisin bandwith orang (download maniak)..berhati-hatilah dalam mengunjungi atau mengunduh file,jika kalau tidak, salah-salah bisa saja ada virus yang masuk ke laptop kita dan merusak sistem, pokokny jangan sampe kejadian begituan terjadi, antisipasinya bisa update terus antivirus, dan rutin men-scan sisitem, (percuma diupdate tapi gak dipake)
5. bersihkan secara rutin

bersihkan laatop anda min 1 minggu sekali, agar tidak ada debu yang bisa merusak komponen pada laptop anda
6. Jangan simpan laptop disembarang tempat
wah ini perlu disimak nih, tempat- tempat yang tak boleh naruh laptop kita disitu :
1. di meja, tapi mepet banget ke ujungnya ampe mo jatuh
2. di CW, entar ke guyur deh
3. di bawa ketempat tidur, kalo kita ketiduran bisa tertindih dan rusak lah sudah...
4. disimpan di paha, (????????????) denger2 sich jika naruh laptop kita langsung di paha tanpa ada alas sama sekali, bisa menyebabkan mandul bagi kaum lelaki (gak tau paasti gogling aja deh)
5. jangan taruh di bagasi motor....guncangannya dapat merusak laptop
6. jangan taruh didalam kulkas
7. jangan taruh dalam celana dalam anda...alah udah ngawur nih ngomong,, dah dulu ah
 Semoga tips di atas membuat laptop/notebook anda selalu awet.
Amin..
Back To Top