Pengenalan interface pada blender
Tutorial ini hanya untuk orang yang sama sekali belum tahu
software
, tapi jika para master yang masuk boleh koreksi jika ada yang keliru disini. Disini saya menggunakan blender versi 2.62, saya sarankan untuk mengikuti tutorial ini minimal blender yang anda pakai 2.5 keatas....karena jika 2.49 kebawah interfacenya agak berbeda dengan versi 2.5 keatas...tapi mungkin lain kali bisa saya ulas tentang interface blender 2.49 kebawah.
, tapi jika para master yang masuk boleh koreksi jika ada yang keliru disini. Disini saya menggunakan blender versi 2.62, saya sarankan untuk mengikuti tutorial ini minimal blender yang anda pakai 2.5 keatas....karena jika 2.49 kebawah interfacenya agak berbeda dengan versi 2.5 keatas...tapi mungkin lain kali bisa saya ulas tentang interface blender 2.49 kebawah.
Yups cukup basa basinya,,,,,kita mulai pengenalannya...
Install terlebih dahulu blendernya, lalu buka, dan Ini
gambar awal ketika buka blender ,klik saja disembarang tempat maka logo blender
2.62 akan ilang. Terdapat sebuah kubus yang terdapat didekatnya panah
berwarna merah, hijau, dan biru (itu adalah sumbu untuk menggerakan objek,
khsusus untuk objek tool tekan tombol T
untuk memunculkan dan menghilangkan objek tool itu sendiri, lalu ada juga tool yang tersembunyi, bisa
tebak dimana ?
Nyerah ????,,,aahh payah,coba deh tekan N untuk melihatnya....
Sini ane jelasin satu2
Toolbar
Disana ada tombol file,,gunanya
untuk menyimpan file, membuat file
baru,,,membuka file...trus lyat deh ada append
ama link....itu gunanya menggabungkan 2 file
blend jadi satu (ntar kita bahas lebih
dalam) klo import buat masukin file objek 3d
dari software laen misal 3dsmax, maya dll.
Add
Fungsinya unutk menambahkan sebuah objek kedalam stage,
secara default kita bisa lyat objek cube atau kubus terpangpang ditengah stage,
klik add akan muncul mesh, curve, surface, text dll (ntar kita bahas lebih dalam).
Render
Nah render ini adalah proses akhir dimana ketika objek atau
animasi kita sudah terasa klop baru kira
render, ada render image fungsinya hanya merender sekali saja yang di tunjukan
oleh penunjuk time line (garis yang warna ijo)
Help
Kalo help,seperti artinya tolong,,,ya jika kita ingin
bantuan maka klik lah itu, tapi sepertinya menurut ane gak terlalu penting
unutk di bahas, karena membutuhkan koneksi internet.
Lanjut ke objek tool (mudah-mudahan agan2 gak pada bosen
lyat ane ceramah,,hehehe)
(ntar kita bahas
lebih dalam oke !!)
Begitupun sama pada tool properti (yang keluar jika mencet
N), geser-geser scroll unutk melihat tool2 yang ada pada tool properti
tersebut.
(kita bahas pada tutor selanjutnya, karena disini hanya
pengenalan saja).
Selanjutnya properti yang ada di paling kiri ( bedanya
dengan properti yang ‘N’ adalah properti
ini mempunyai tool secara global, seperti contoh tool untuk memberi warna,
texture ( jika belum ngerti apa itu texture dan bagaimana cara jelasinnya nanti
kita akan bahas.), render, pengaturan kamera,lampu dll,nie dia screenshootnya
Yang ditandai adalah menu-menu pada properties, pertama render, dibawahnya berderet beberapa pengaturan
untuk merender,klo sebelahnya ane kurang paham soalnya jarang digunakan,,hehehe
lanjut aja yang sebelahnya ada world..dibawahnya
ada pengaturan untuk memberi langit,pngaturan lampu penambahan bintang...dll,
sebelahnya ada objek,,itu pengaturan
pengaturan unutk objek pada stage,sebelahnya ada constraint
fungsi salah satunya untuk mengcopy setiap gerakan pada objek a dengan b, misal
sebuah naga memiliki 2 buah sayap.untuk menurunkan sayap keatas kebawah.kita
tidak usah melakukan hal yang sama pada sebelahnya karena udah di constraint
jadi objek yang diconstraint akan mengikuti.objek modifier fungsinya unutk
menambahkan simulasi seperti mirror, buat baju (membuat objek layak kaya kain),
simulasi ledakan, membuat air, jelly dll, kalo objek data enaknya dijelasin
sambil praktek biar lebih jelas. Nah kalo material fungsinya unutk mewarnai
objek, texture,,,,untuk mewarnai atau membentuk lekukan2 objek tapi dengan
image yang telah diimport ke dalam blender, particle system fungsinya salah
satunya membuat pecahan-pecahan untuk simulasi ledakan, physic, gunanya unutk
menambahkan simulasi angin,cocok bgt dengan simulasi baju atau cloth, efek asap
dll.
Time line
Adalah baris frame
yang menjadi satu kesatuan yang nantinya menjadi sebuah animasi, contoh
sederhana, 2 gambar diatas kertas yang sedang duduk dan berdiri..kita buka kedua gambar itu
secara bergantian dengan ritme yang agak cepat sehingga terlihat seperti orang
yang berdiri lalu duduk lau berdiri lagi,,,,,begitulah..hehehehe.
Nah begitulah pengenalan pertama kita tentang
blender,,sisanya kita lakukan bersamaan dengan prkatek OK!!!!bye.
Tag :
blender