Pengenalan interface pada blender


Pengenalan interface pada blender
Tutorial ini hanya untuk orang yang sama sekali belum tahu software
, tapi jika para master yang masuk boleh koreksi jika ada yang keliru disini. Disini saya menggunakan blender versi 2.62, saya sarankan untuk mengikuti tutorial ini minimal blender yang anda pakai 2.5 keatas....karena jika 2.49 kebawah interfacenya agak berbeda dengan versi 2.5 keatas...tapi mungkin lain kali bisa saya ulas tentang interface blender 2.49 kebawah.
Yups cukup basa basinya,,,,,kita mulai pengenalannya...                              


Install terlebih dahulu blendernya, lalu buka, dan Ini gambar awal ketika buka blender ,klik saja disembarang tempat maka logo blender 2.62 akan ilang. Terdapat sebuah kubus yang terdapat didekatnya panah berwarna merah, hijau, dan biru (itu adalah sumbu untuk menggerakan objek, khsusus untuk objek tool tekan tombol T  untuk memunculkan dan menghilangkan objek  tool itu sendiri,  lalu ada juga tool yang tersembunyi, bisa tebak dimana ?
Nyerah ????,,,aahh payah,coba deh tekan N untuk melihatnya....

Sini ane jelasin satu2
Toolbar
Disana ada tombol file,,gunanya untuk  menyimpan file, membuat file baru,,,membuka file...trus lyat deh ada append ama link....itu gunanya menggabungkan 2 file blend jadi satu (ntar  kita bahas lebih dalam) klo import buat masukin file objek 3d dari software laen misal 3dsmax, maya dll.
Add
Fungsinya unutk menambahkan sebuah objek kedalam stage, secara default kita bisa lyat objek cube atau kubus terpangpang ditengah stage, klik add akan muncul mesh, curve, surface, text dll (ntar  kita bahas lebih dalam).
Render
Nah render ini adalah proses akhir dimana ketika objek atau animasi kita sudah terasa  klop baru kira render, ada render image fungsinya hanya merender sekali saja yang di tunjukan oleh penunjuk time line (garis yang warna ijo)
Help
Kalo help,seperti artinya tolong,,,ya jika kita ingin bantuan maka klik lah itu, tapi sepertinya menurut ane gak terlalu penting unutk di bahas, karena membutuhkan koneksi internet.







Lanjut ke objek tool (mudah-mudahan agan2 gak pada bosen lyat ane ceramah,,hehehe)


(ntar  kita bahas lebih dalam oke !!)
Begitupun sama pada tool properti (yang keluar jika mencet N), geser-geser scroll unutk melihat tool2 yang ada pada tool properti tersebut.
(kita bahas pada tutor selanjutnya, karena disini hanya pengenalan saja).

Selanjutnya properti yang ada di paling kiri ( bedanya dengan properti yang  ‘N’ adalah properti ini mempunyai tool secara global, seperti contoh tool untuk memberi warna, texture ( jika belum ngerti apa itu texture dan bagaimana cara jelasinnya nanti kita akan bahas.), render, pengaturan kamera,lampu dll,nie dia screenshootnya



Yang ditandai adalah menu-menu pada properties, pertama render, dibawahnya berderet beberapa pengaturan untuk merender,klo sebelahnya ane kurang paham soalnya jarang digunakan,,hehehe lanjut aja yang sebelahnya ada world..dibawahnya ada pengaturan untuk memberi langit,pngaturan lampu penambahan bintang...dll, sebelahnya ada objek,,itu pengaturan pengaturan unutk objek pada stage,sebelahnya ada constraint fungsi salah satunya untuk mengcopy setiap gerakan pada objek a dengan b, misal sebuah naga memiliki 2 buah sayap.untuk menurunkan sayap keatas kebawah.kita tidak usah melakukan hal yang sama pada sebelahnya karena udah di constraint jadi objek yang diconstraint akan mengikuti.objek modifier fungsinya unutk menambahkan simulasi seperti mirror, buat baju (membuat objek layak kaya kain), simulasi ledakan, membuat air, jelly dll, kalo objek data enaknya dijelasin sambil praktek biar lebih jelas. Nah kalo material fungsinya unutk mewarnai objek, texture,,,,untuk mewarnai atau membentuk lekukan2 objek tapi dengan image yang telah diimport ke dalam blender, particle system fungsinya salah satunya membuat pecahan-pecahan untuk simulasi ledakan, physic, gunanya unutk menambahkan simulasi angin,cocok bgt dengan simulasi baju atau cloth, efek asap dll.
Time line

Adalah baris  frame yang menjadi satu kesatuan yang nantinya menjadi sebuah animasi, contoh sederhana, 2 gambar diatas kertas yang sedang duduk  dan berdiri..kita buka kedua gambar itu secara bergantian dengan ritme yang agak cepat sehingga terlihat seperti orang yang berdiri lalu duduk lau berdiri lagi,,,,,begitulah..hehehehe.

Nah begitulah pengenalan pertama kita tentang blender,,sisanya kita lakukan bersamaan dengan prkatek OK!!!!bye.
Tag : blender
Back To Top